always remember...

visit my failed blog at widiasrah.multiply.com and my third blog at widiasrahblog.multiply.com

Minggu, 02 November 2008

Rangkuman Bab 7 dan 8

[Ringkasan Bab 7 dan 8]
Tugas Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi


Widifermadhana Asrah
Kelas 9C




BAB 7: Mencari dan Mengelola Informasi
I. Pendahuluan
Internet merupakan sumber segala informasi yang tiada batas. Internet menjadi sebuah sarana informasi yang begitu lengkap dan banyak, sehingga kita dapat mencari informasi apapun yang kita perlukan. Hal ini sangat positif untuk perkembangan informasi, namun hal ini justru menimbulkan kesulitan baru, yakni kita menjadi sulit menemukan informasi yang kita butuhkan. Bisa jadi, kita tersasar dari satu website ke website lain dengan tidak mendapatkan apapun.
Untuk memecahkan masalah tersebut, dibuatlah program yang dapat digunakan untuk membantu kita mencari informasi di internet. Program ini dikenal dengan nama mesin pencari (search engine).
II.Mesin Pencari
Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang terdapat di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi.
Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalah:
1.Kotak teks pencarian, digunakan sebagai tempat untuk memasukkan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian.
2.Tombol pencarian, untuk menjalankan perintah pencarian
Ketika kita melakukan pencarian di internet, komputer kita akan mengirimkan kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang digunakan. Server mesin pencari akan melakukan pencarian dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci ini kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen pencarian. Kita dapat mengatur jumlah daftar tersebut sesuai dengan keinginan kita.
Kriteria yang menentukan sebuah mesin pencari handal atau tidak adalah:
1.Mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui
2.Tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan
3.Mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Saat ini benyak sekali website yang menyediakan mesin pencari, bahkan mengkhususkan diri sebagai layanan mesin pencari. Setiap mesin pencari mempunyai kelebihan-kelebihan sendiri, tergantung dari cara pengindekan dan algoritma yang dipakai. Berikut ini adalah beberapa search engine yang banyak digunakan:
1.Google (www.google.com)
2.Yahoo (www.yahoo.com)
3.Altavista (www.altavista.com)
4.Lycos (http://lycos.com)
Untuk memahami sebuah halaman web hasil pencarian, kita harus mengerti apa saja yang ditampilkan oleh web tersebut. Isi sebuah halaman web hasil pencarian dari Google adalah:
1.Kategori: Menampilkan kategori pencarian yang dapat kita pilih.
2.Kata kunci pencarian: Menampilkan kata kunci pencarian yang kita masukkan.
3.Tombol cari: Tombol untuk memulai atau mengaktifkan proses pencarian.
4.Link pencarian canggih
5.Kesukaan: Mengatur bahasa yang diinginkan
6.Statistik pencarian
7.Judul halaman
8.Teks di bawah judul
9.Alamat URL
10.Ukuran file
11.Tersimpan
12.Halaman mirip
13.Halaman yang sama
14.Lebih banyak hasil
III.Mencari dengan kata tertentu
Proses pencarian dengan search engine dilakukan dengan memasukkan kata kunci pencarian sebagai acuan. Kata kunci ini dapat terdiri dari satu kata atau lebih. Kata yang diamsukkan juga dapat berbentuk frasa. Perlu diketahui bahwa search engine Google tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dari kata kunci pencarian.
Google juga mengabaikan kata-kata umum seperti “dan”, “yang”, dan sebagainya. Hal tersebut juga berlaku pada kata-kata dalam bahasa Inggris seperti “is”, “would”, “and”, dan sebagainya.
Keberhasilan kita mencari informasi yang kita cari sangat tergantung kepada kita memilih kata kunci yang tepat. Mesin pencari Google tidak dilengkapi dengan fasilitas stem atau wildcard. Oleh karena itu, Google akan melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang sama persis seperti yang kita masukkan. Selain itu, Google akan menapilkan hasil pencarian yang mengandung semua kata kunci yang dimasukkan. Karena itu, untuk membatasi atau mempersempit hasil pencarian maka kita harus memasukkan lebih banyak kata kunci.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pencarian:
1.Jalankan Internet Explorer. Kemudian di kotak Address bar, ketiklah alamat mesin pencari yang kita gunakan, misalnnya www.google.com. Kemudian klik tombol Go atau tekan tombol Enter di keyboard. Tunggulah sampai website Google ditemukan.
2.Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela Browser, ketikkan kata kunci yang dicari, lalu tekan tombol Telusuri Dengan Google atau tombol Enter di Keyboard. Tunggu sampai hasil pencarian ditampilkan.
3.Hasil pencarian akan ditampilkan.
4.Jika masih terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata kunci yang baru dan lebih focus. Lalu tekan tombol Telusuri Dengan Google atau Enter di keyboard.
5.Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan.
IV.Mencari dengan frasa tertentu
Kadang kala kata kunci pencarian yang digunakan dapat berupa frasa. Frasa adalah gabungan beberapa kata yang membentuk satu arti, misalnya tangan kanan, mata kaki, dll. Bila kata kunci pencarian berupa frasa, kita harus menambahkan tanda kutip ganda di awal dan di akhir frasa. Apabila kata kunci kita disertai dengan karakter-karakter lain, seperti minus, garis miring, titik, atau sebagainya, Google akan mengenali tanda-tanda tersebut.
Mencari informasi dengan menggunakan kata kunci berupa frasa dapat dilakukan dengan cara berikut:
1.Jalankan Internet Explorer. Kemudian di kotak Address bar, ketiklah alamat mesin pencari yang kita gunakan, misalnnya www.google.com. Kemudian klik tombol Go atau tekan tombol Enter di keyboard. Tunggulah sampai website Google ditemukan.
2.Ketikkan frasa yang akan dicari dalam kotak pencarian, lalu berilah tanda kutip ganda (“) di awal dan di akhir, misalnya “sepak bola”
3.Hasil pencarian akan ditampilkan.
4.Jika masih terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata kunci yang baru dan lebih focus. Lalu tekan tombol Telusuri Dengan Google atau Enter di keyboard.
5.Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan.
Selain dengan penambahan tanda (“), secara manual seperti yang dilakukan di atas, kita juga dapat melakukan pencarian frasa dengan Advanced Search. Klik link Pencarian Canggih, lalu ketikkan frasa yang hendak dicari, lalu tekan tombol Mesin Cari Google atau tekan Enter untuk memulai pencarian. Sehingga, mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen yang berisi frasa “sepak bola”
V.Menggunakan Link Pencarian Canggih
Terkadang, apa yang kita ingin cari belum tentu sesuai dengan hasil pencarian web browser. Sehingga, kita memiliki kesulitan untuk memilah dan memilih situs apa yang ingin kita akses. Halaman Link Pencarian Canggih berfungsi agar kita dapat melakukan pencarian lebih terfokus, sehingga antara keinginan apa yang kita cari dan hasil pencarian sesuai.
Dalam Kotak Link Pencarian Canggih terdapat beberapa kotak teks, yang masing-masing memiliki fungsi sendiri:
1.dengan semua kata-kata: Menampilkan pencarian dengan kata tertentu
Contoh: kupu-kupu Afrika.
2.Kata ini menyebabkan Google akan mencari situs yang mengandung kata “kupu-kupu”, dan/atau “Afrika”.
3.dengan frasa yang tepat: Menampilkan pencarian dengan frasa tertentu
Contoh: kupu-kupu Afrika.
Kata ini menyebabkan Google akan mencari situs yang hanya mengandung frasa “kupu-kupu Afrika”
4.dengan sebagian dari kata-kata: Menampilkan sebagian dari kata-kata dalam kotak pencarian
5.tanpa kata-kata: Mengecualikan kata tertentu.
6.Bahasa: Menampilkan bahasa apa yang hendak ditampilkan dalam hasil pencarian
7.Format File: Menampilkan hasil pencarian dengan format file tertentu
8.Tanggal: Menampilkan hasil pencarian yang ditulis pada jangka waktu tertentu
9.Kemunculan: Menampilkan hasil pencarian yang kata kuncinya tertulis di bagian tertentu
10.domain: Menampilkan hasil pencarian dari situs tertentu, dll.
VI.Fitur Pencarian Gambar dan Direktori Web
Mesin pencari Google dilengkapi fitur untuk mencari gambar. Google mempunyai lebih dari 250 juta indeks gambar dan dapat dikatakan sebagai mesin pencari gambar terbesar di internet. Mencari gambar di Google dapat dilakukan dengan cara mengeklik teks link Gambar yang terdapat di bagian kategori di halaman web Google.
Langkah-langkah melakukan pencarian gambar dengan menggunakan mesin pencari Google adalah:
1.Tampilkan halaman web Google
2.Klik teks link Gambar di kategori. Halaman web untuk pencarian gambar akan ditampilkan
3.Masukkan kata kunci pencarian di kotak teks
4.Gambar yang dicari akan muncul
Direktori web atau direktori internet adalah kumpulan alamat-alamat URL dari website-website yang disusun berdasarkan kategori tertentu. Kelebihan direktori web adalah mudah dipahami, karena disusun berdasarkan kategori tertentu. Dengan demikian, kita dituntun untuk menemukan informasi website yang kita cari. Namun, kekurangannya adalah koleksinya kurang lengkap. Sebaliknya, kelemahan dari mesin pencari adalah informasi yang kita peroleh terlalu banyak, sehingga kadang-kadang kurang relevan. Untuk memadukan kelebihan, dibuatlah mesin pencari hybrid.
Salah satu website yang dilengkapi dengan mesin pencari dan direktori web adalah Yahoo (www.yahoo.com). Langkah untuk menggunakan direktori ini adalah:
1.Tampilkan website Yahoo. Di halaman website Yahoo, kita akan dapat melihat langsung direktori web yang ada di Yahoo.
2.Pilihlah direktori web, misalnya Entertainment.
3.Direktori web yang lebih kecil akan ditampilkan. Pilihlah direktori web sampai direktori tersebut sudah cukup spesifik, misalnya Theathers.
4.Masukkan katakunci pencarian di kotak teks Search, lalu tekan tombol Find untuk memulai proses pencarian.
5.Bukalah halaman web yang ditampilkan dari daftar website halaman pencarian.
VII.Menyimpan Halaman dan Gambar dari Web, dan Mencetak Halaman Web
Kebanyakan informasi di internet disimpan dan ditampilkan dalam bentuk halaman web. Halaman web tersebut disimpan dalam bentuk file-file. Halaman web disimpan dalam bentuk file-file HTML (.htm). Informasi juga dapat disimpan dalam bentuk-bentuk yang lain.
Sebenarnya, tampilan halaman web di browser sama saja dengan ketika kita menampilkan sebuah file Word atau Excel. Bedanya, kali ini kita menampilkan sebuah file yang berasal dari sebuah computer yang letaknya jauh, yang terhubung dengan kita melalui internet. Selama kita terhubung ke internet, kita dapat mengakses halaman web tersebut.
Karena biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak jika kita membaca informasi dulu, kita sebaiknya menyimpannya dulu di harddisk, baru membacanya. Cara ini akan menghemat biaya koneksi kita. Langkah-langkah untuk menyimpan sebuah halaman web yang sudah ditampilkan di browser adalah:
1.Dari menu File, klik Save. Kotak dialog Save Web Page akan ditampilkan.
2.Tentukan folder penyimpanan
3.Pada kotak dialog File name, browser akan memberikan nama file dari halaman web yang akan disimpan secara otomatis. Kita dapat mengganti nama file tersebut sesuai dengan keinginan kita.
4.Klik tombol Save.
Seperti halnya halaman web, gambar juga dapat disimpan. Gambar-gambar tersebut dapat disimpan tanpa menyimpan halaman web di mana gambar tersebut ditempatkan. Caranya:
1.Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan disimpan.
2.Klik tombol Save this image.
3.Tentukan folder penyimpanan
4.Pada kotak dialog File name, browser akan memberikan nama gambar yang akan disimpan secara otomatis. Kita dapat mengganti nama file tersebut sesuai dengan keinginan kita.
5.Klik tombol Save.
Kita juga dapat mencetak informasi yang terdapat di halaman web ke dalam bentuk dokumen cetak. Dengan demikian, kita dapat membaca dokumen tersebut tanpa harus membuka komputer. Langkah-langkah untuk mencetak halaman web adalah sebagai berikut:
1.Dari menu File, klik Print. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2.Klik tombol Print. Pilihlah printer yang digunakan, lalu atur pencetakan halaman web yang akan dilakukan
3.Klik tombol Print.
Jika ingin mencetak gambar, gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan dicetak. Klik tombol Print this image. Langkah selanjutnya ikuti langkah 2 dan 3 seperti di atas.
VIII.Mendownload File dan Fungsi Copy Paste
Beberapa website tidak menyimpan informasi dalam bentuk halaman web, namun dalam bentuk file-file. File-file tersebut dapat berupa dokumen Word (.doc), Rich Text Format (.rtf), spreadsheet (.xls), PDF (.pdf), file kompresi (.zip), dan sebagainya.
File-file yang dapat didownload biasanya memiliki teks link di halaman web. Bila teks link ini diklik, akan menampilkan sebuah kotak dialog File Download. Langkah-langkah unttuk mendownload adalah:
1.Kliklah teks tempat file tersebut di-link. Kotak dialog File Download akan muncul.
2.Kita dapat membuka langsung file yang akan didownload dengan mengeklik tombol Open. Namun, apabila mau mendownload, tekan tombol Save. Kotak dialog Save As akan ditampilkan.
3.Tentukan folder penyimpanan file yang akan didownload.
4.Klik tombol Save untuk memulai proses download.
5.Tunggulah sampai proses download selesai. Lalu klik tombol Open untuk membuka file yang sudah didownload.
Terkadang, kita hanya membutuhkan sebagian dari halaman web saja, tidak semuanya. Kita dapat mengambil informasi dari halaman web atau sebagian informasi di halaman web, lalu menyimpannya di dalam file dokumen Word dengan cara copy dan paste. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
1.Aktifkan halaman web yang akan dikopi.
2.Blok semua teks yang akan dikopi.
3.Klik tombol Ctrl + C di keyboard, lalu bukalah dokumen baru pada Word.
4.Di jendela Word, klik tombol Ctrl + V
5.Simpanlah dokumen Word tersebut.

BAB 8: Chatting

I.Pendahuluan
Internet merupakan salah satu sarana informasi, yang ternyata juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi untuk memudahkan hal tersebut. IRC, atau Internet Relay Chat, adalah sebuah aplikasi internet yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara realtime. Realtime artinya seketika, sehingga pesan yang kita kirimkan dapat diterima dan dibalas saat itu juga. Berbeda dengna e-mail, komunikasi dengan IRC dapat dilakukan apabila kita dan lawan komunikasi kita sama-sama terhubng ke internet pada saat yang bersamaan.
Berkomunikasi lewat IRC biasa disebut dengan chatting, sementara orang yang melakukan chatting disebut chatter. Untuk dapat ber-chatting, kita memerlukan koneksi internet ditambah dengan program chatting. Beberapa program chating yang ada saat ini adalh mIRC, Pirch, Virc, Yahoo Messenger, dan sebagainya. Sedangkan bila kita chatting menggunakan fasilitas website, kita dapat menggunakan beberapa website yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti boleh.com (www.boleh.com), plasa.com (www.plasa.com), dan sebagainya.
II.Simbol dan Singkatan dalam Chatting

Chatting adalah berbicara melalui tulisan, jadi untuk mempercepat proses pembicaraan, kata-kata yang disampaikan banyak menggunakan singkatan-singkatan dan simbol-simbol. Agar komunikasi kita berjalan lancar, maka kita perlu memahami bahasa chatting tersebut. Berikut ini bahasa chatting yang sering digunakan:

-wb: welcome back (selamat dating kembali)
-asap: as soon as possible (sesegera mungkin)
-imo: In my opinion (menurut pendapat saya)
-jk: just kidding (hanya bercanda)
-gpp: nggak apa-apa
-thx: thanks (terima kasih)
-b4: before (sebelum)
-dc: disconnected (proses chatting terputus)
Dalam chatting, kita menggunakan teks yang diketik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kita tidak dapat melihat ekspresi lawan bicara, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, untuk menunjukkan ekspresi, kita dapat menggunakan simbol-simbol. Simbol-simbol emosi yang umum digunakan adalah:
-:-): senang
-:(: cemberut
-:-D: tertawa terbahak-bahak
-;-): main mata
->:-: baik hati
-=:o: terkejut
-:-|: Hmmmm
->-<: naik darah, dll.
Apabila kita masih baru dalam dunia chatting, akan sulit untuk menghafal semua bahasa dan simbol-simbol yang digunakan. Bila kita tidak mengerti bahasa atau simbol chatting, kita dapat menanyakannya. Namun, bila kita chatting menggunakan Yahoo Messenger, kita tidak perlu menghafal simbol-simbol di atas. Yahoo Messenger dilengkapi dengan ikon-ikon simbol emosi yang dapat kita pilih langsung dan mengirimkannya ke teman chatting kita.
III.Efek Baik, Buruk, dan Etika dalam Chatting

Chatting membuat komunikasi kita berjalan lancar karena bersifat realtime dan biayanya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat kita peroleh:

1.Sarana mudah dan murah
2.Menambah ilmu pengetahuan
3.Mendapatkan teman baru.
Namun, chatting juga dapat menimbulkan dampak negative. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati agar terhindar dari pengaruh negatif chatting. Beberapa dampak negative yang dapat ditimbulkan oleh chatting adalah sebagai berikut:

1.Mengobrol yang tidak senonoh
2.Terkena virus
3.Rematik dan otot pegal
4.Maniak chatting
5.Berhubungan dengan orang yang tidak jelas
Sama seperti berkomunikasi sehari-hari, chatting mempunyai etika-etika yang harus dijaga. Beberapa etika yang perlu dijaga dalam berchatting adalah:
1.Gunakanlah bahasa yang sopan
2.Jangan menggunakan huruf besar
3.Jangan melakukan spam / mengirimkan informasi / iklan yang tidak penting
4.Jangan menggunakan huruf yang mencolok
5.Hindari pertengkaran dan perdebatan yang sengit
IV.Mengenal dan Menggunakan Program mIRC

Bila ditampilkan, jendela mIRC tidak jauh berbeda dengan jendela aplikasi Windows lainnya. Jendela mIRC mempunyai menu-menu yang menyimpan perintah-perintah atau tombol-tombol toolbar yang menjadi shortcut perintah-perintah tersebut.
Jendela mIRC mempunyai tiga jendela berbeda yang penting kita ketahui:
1.Jendela status: Menampilkan berbagai informasi tentang server yang digunakan
2.Jendela channel: Menampilkan percakapan yang terdapat di channel tersebut
3.Jendela chatting: Tempat kita mengobrol dengan chatter lain.
Menjalankan program mIRC dapat kita lakukan dengan mengeklik shortcut mIRC yang terdapat di desktop computer. Jika shortcut tidak ditampilkan, kita dapat menjalankan mIRC dari menu Start. Langkah-langkah untuk menjalankan mIRC dari menu Start adalah:
1.Dari menu Start, klik Programs. Carilah mIRC, lalu klik mIRC. Jendela mIRC akan ditampilkan
2.Bila program mIRC yang kita gunakan belum terdaftar, kotak dialog About mIRC akan ditampilkan. Klik tombol Register online now jika kita ingin mendaftar terlebih dahulu, atau klik tombol Continue. Jika kita mengeklik tombol Register online new, kita akan dihubungkan ke pendaftaran online di web site www.mIRC.com. Kita akan membayar dengan menggunakan kartu kredit.
3.Di kotak dialog mIRC Options, masukkanlah data-data dan nickname yang ingin kita gunakan. Nickname merupakan nama yang akan ditampilkan pada saat kita chatting.
4.Di kotak daftar Category, klik Servers. Kita akan diminta memilih server chatting yang ingin kita gunakan. Pilihlah Dalnet; Random server. Kemudian klik tombol Connect to Server.
5.Tunggulah sampai computer kita terhubung ke server yang dipilih. Status koneksi ke server dapat kita lihat di jendela status. Kemudian kotak dialog mIRC Favorites akan ditampilkan.
6.Masukkanlah nama channel di kotak teks Enter a channel name and click join, kemudian klik tombol Join. Atau, pilihlah channel di mana kita ingin mencari teman chatting di kotak daftar Or select a channel form the list below. Kemudian klik tombol Join. Jendela channel yang dipilih akan ditampilkan.
7.Di bagian kanan jendela yang ditampilkan, kita dapat melihat daftar nama yang ada di channel tersebut. Pilihlah salah satu nama dari daftar nama tersebut. Klik dua kali di nama tersebut. Jendela chatting akan ditampilkan.
8.Di bagian bawah jendela tersebut, ketiklah teks yang ingin kita sampaikan kepada teman chatting kita untuk memulai pembicaraan. Tunggulah sampai orang yang kita ajak chatting membalasnya.
9.Kita dapat chatting dengan beberapa orang sekaligus. Masing-masing orang akan memiliki jendela sendiri di layar monitor kita. Jika kita ingin chatting dengan chatter selanjutnya, kita dapat memilihnya lagi di daftar nama yang terdapat di channel.
Program mIRC bersifat shareware. Kita dapat menginstall dan menggunakannya dalam jangka waktu 30 hari. Sebelum masa itu habis, kita harus mendaftar dan membayar biaya pendaftaran. Bila ternyata 30 hari kita tidak mendaftar dan tidak dapat menggunakan program mIRC tersebut, kita dapat menghapusnya dari computer kita.
Internet merupakan sumber informasi yang tidak terbatas. Kita bisa saja mencari kode register tersebut menggunakan mesin pencari. Kita akan menemukan banyak website yang menyediakan informasi semacam ini. Namun, tentu saja cara ini melanggar UU Hak Cipta. Setelah memperoleh user name dan kode register, kita dapat memasukkan user name dan kode register untuk mengaktifkan mIRC yang sudah diinstall. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah:
1.Dari menu Help, klik Register. Kotak dialog mIRC Registration akan segera ditampilkan.
2.Masukkanlah nama dan kode register
3.Klik OK.
Setiap orang yang kita ajak chatting akan mempunyai jendela chatting masing-masing. Ini berarti, semakin banyak yang kita ajak chatting, maka akan semakin banyak jendela yang terdapat di jendela mIRC kita. Untuk memudahkan kita melihat setiap jendela yang ada, ada dua susunan jendela chatting yang dapat dipilih: title dan cascade. Langkah-langkah untuk mengatur susunan jendela chatting adalah sebagai berikut:
1.Klik menu Windows
2.Pilihlah susunan jendela yang diinginkan
Kadang kala, kita ingin mengubah nickname. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, bisa karena orang lain menggunakan nickname yang sama, atau karena alasan lain. Langkah untuk mengganti nickname adalah:
1.Klik menu Commands
2.Klik Change Nick. Kotak dialog Input Request akan ditampilkan.
3.Masukkan Nickname yang baru
4.Klik tombol OK.
Kita juga dapat mengirimkan file kepada teman chatting kita. Misalnya, kita ingin mengirimkan file foto. Langkah-langkah untuk mengirimkan file kepada teman chatting kepada teman chatting kita adalah sebagai berikut:
1.Dari menu Tools klik Send File. Kotak dialog mIRC DCC Send akan ditampilkan.
2.Di kotak daftar drop-down Nick, pilihlah nickname orang yang akan kita kirimkan file.
3.Di kotak Look in, carilah folder tempat kita menyimpan file yang akan kita kirim.
4.Pilihlah file yang akan dikirim.
5.Klik tombol Send
6.Kotak dialog proses pengiriman file akan ditampilkan. Bila proses pengiriman file sudah selesai, klik tombol Close untuk mengakhiri proses pengiriman file.
Pengiriman file akan berhasil, apabila orang yang kita kirimi file mau menerima file tersebut. Sebelum mengirim file, sebaiknya kita memberi tahu teman chatting kita. Biasanya, orang akan enggan menerima langsung jika tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena khawatir file yang diterimanya menggunakan virus.
Langkah-langkah yang kita lakukan untuk menerima file adalah:
1.Penerimaan file akan ditandai dengan munculnya kotak dialog File Warning. Klik tombol OK. Kotak dialog mIRC DCC Get akan ditampilkan.
2.Jika kita ingin menerima file yang dikirimkan, tentukanlah folder penyimpanan di kotak drop-down Save As. Kemudian klik tombol Accept untuk memulai penerimaan file. Kita harus hati-hati terhadap file yang dikirim orang lain. Bisa saja file yang dikirim adalah virus yang berbahaya. Jangan sesekali menerima file dari orang yang tidak kita kenal. Jika kita ingin menolak file yang dikirim, klik tombol Cancel.
3.Tunggulah sampai proses pengiriman file selesai.
4.Bila pengiriman selesai, kotak dialog akan ditampilkan. Klik tombol Open Folder untuk membuka folder di mana file tersebut disimpan. Klik tombol Open untuk membuka file atau klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.

V.Mengenal dan Menggunakan Program Yahoo Messenger

Yahoo Messenger adalah program layanan chatting dari Yahoo. YM dilengkapi dengan berbagai fasilitas chatting, seperti seperti webcam, chatting menggunakan suara, dan sebagainya. Fasilitas ini dapat digunakan jika kita mempunyai perangkat-perangkat pendukung, seperti webcam dan mikrofon.
Agar dapat menggunakan Yahoo Messenger, kita terlebih dahulu harus mempunyai Yahoo ID. Dengan kata lain, kita sudah memiliki e-mail account di Yahoo. Yahoo Messenger juga telah diinstall di computer yang kita gunakan.
Langkah-langkah untuk menjalankan YM adalah:

1.Jalankan Yahoo Messenger dari menu Start, Programs, dan memilih Yahoo! Messenger. Jendela Yahoo Messenger untuk login akan segera muncul.
2.Masukkanlah Yahoo ID dan password yang kamu miliki. Yahoo ID dan password yang digunakan sama dengan yang kamu gunakan pada saat masuk ke e-mail account.
3.Klik tombol Sign In. Jendela selamat dating di Yahoo akan ditampilkan.
4.Berilah tanda cek di kotak cek Yahoo! Address Book dan Microsoft Outlook jika ingin mengundang orang-orang yang ada di Address Book dan hilangkan tanda cek tersebut jika tidak. Kemudian klik tombol Next.
5.Klik tombol Finish. Jendela YM akan ditampilkan.
Di Yahoo Messenger kita dapat chatting dengan orang yang ada di daftar kontak yang kita miliki atau chatting dengan orang yang ada di ruang chatting. Menambahkan orang ke daftar kontak dapat dilakukan apabila kita mengetahui user (Yahoo ID) atau alamat e-mail orang tersebut.
Menambahkan orang ke daftar kontak dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1.Klik tombol Add Contact di jendela YM. Perintah Add Contact juga dapat dijalankan dari menu Messenger. Kotak dialog Add to Messenger List akan ditampilkan.
2.Masukkanlah Yahoo ID atau alamat e-mail dari orang yang ingin ditambahkan ke daftar kontak. Kemudian klik tombol Next. Kotak dialog langkah selanjutnya akan ditampilkan.
3.Pilihlah grup tempat nama yang baru ingin ditambahkan. Kita dapat memilih dari grup yang ada atau membuat grup yang baru.
4.Ketiklah teks untuk memperkenal diri kotak teks Enter a brief introduction (optional). Kotak teks ini dapat saja dikosongkan.
5.Klik tombol Next. Kotak dialog yang menyatakan orang yang kita tambahkan sudah ada di daftar kontak akan ditampilkan.
6.Klik tombol Finish. Jendela YM akan ditampilkan kembali. Orang yang baru kita tambahkan akan tampak di daftar kontak. Jika ingin menambahkan orang selanjutnya, ulangi langkah-langkah di atas.

Setelah ditambahkan ke daftar kontak, kita tidak dapat langsung chatting dengan orang tersebut. Kita harus menunggu respon dari orang yang kita tambahkan. Jika orang yang terdapat di daftar konatk kita sedang online, kita dapat langsung mengajaknya chatting. Chatting dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.Klik dua kali nama di daftar kontak yang ingin diajak chatting. Jendela chatting akan ditampilkan.
2.Ketiklah teks yang ingin dikirimkan dan klik tombol Send atau tekan tombol Enter di keyboard.
3.Tunggulah sampai teman chatting kita membalas.
4.Jika ingin menambahkan emoticon di teks yang dikirim, kliklah tombol Emoticon dan pilihlah simbol emosi yang ingin dikirimkan.
5.Selamat berchatting.
6.Jika ingin mengakhiri chatting, beri tahu teman chating kamu dan kemudian tutuplah jendela chatting.
Apabila kita ingin chatting di ruang chatting, kita dapat memilih ruang chatting yang kita inginkan dan memilih orang yang kita ajak chatting. Chatting di ruang chatting dapat dilakukan dengan cara:
1.Dari menu Messenger, pilihlah Yahoo! Chat dan kemudian klik Join a Room. Jendela Join Room akan ditampilkan.
2.Pilihlah kategori ruangan di mana kita ingin chatting. Ada banyak kategori ruangan yang terdapat di ruang chat Yahoo. Klik tombol Go to Room. Jendela untuk langkah selanjutnya akan ditampilkan.
3.Pilihlah subkategori ruangan dan kemudian klik tombol Go to Room.
4.Klik tombol Enter Chat. Kita akan ditempatkan di ruangan chatting yang sudah kita pilih.
5.Untuk memulai chatting, kliklah nama orang yang ingin diajak chatting. Kemudian mulailah mengirimkan pesan.

Pada saat online di YM, kita dapat mengatus status kita agar sesuai dengan keinginan kita. Jika kita ingin tidak terlihat orang lain, kita dapat mengatur status menjadi invisible. Jika kita ingin terlihat online tetapi tidak ingin diganggu, kita dapat mengatur status dengan simbol sibuk agar tidak digangggu. Mengatus status dapat dilakukan dengan cara:

1.Dari menu Messenger, kliklah pilihan My Status kemudian klik status yang diinginkan, atau klik New Status untuk menambahkan status yang baru. Kotak dialog Enter your status message akan ditampilkan.
2.Ketiklah pesan di status yang ditampilkan. Jika kita tidak ingin diganggu, berilah tanda cek di kotak cek Show Busy Icon. Kemudian klik tombol OK. Kotak dialog Status Change Confirmation akan ditampilkan.
3.Klik tombol OK. Status kita yang ditampilkan di jendela YM akan diubah sesuai dengan pesan yang sudah dibuat.
Sekalipun status kita sudah diberi tanda sibuk atau invisible, namun selama kita online, pesan-pesan yang dikirimkan orang lain akan tetap dapat langsung kita baca.

Tidak ada komentar: